Seragam Batik Cowok dan Bahannya

Seragam Batik Cowok dan Bahannya

Seragam batik cowok biasanya cukup dimodel kemeja saja. Namun walaupun modelnya hanya di seputaran kemeja, tetapi sebenarnya bisa dibuat menarik dengan memilih motif dan memadukan dengan bahan kain katun atau bahan kain lainnya.

Sebelum memutuskan untuk membuat seragam batik cowok. Ada baiknya untuk mengenal bahan-bahan kain batik sehingga bisa disesuaikan dengan model dan juga keperluannya.

Berikut beberapa bahan kain batik yang bisa banyak Anda temui di pasaran:

Bahan Kain Mori Primissima

Kain ini bertekstur halus dan biasa digunakan untuk membuat batik tulis. Untuk harganya cukup mahal karena teksturnya yang halus. Cocok digunakan untuk seragam kantor ataupun dipakai ke undangan.

Karena teskturnya yang halus maka dibutuhkan perawatan yang lebih. Salah satunya setelah dicuci maka penyimpanan seragam batik cowok berbahan kain Mori Primissima ini bisa ditaruh dengan cara digantung agar tidak mudah kusut.

Kain Mori Prima

Jenis kain batik ini berada di bawah kain Mori Primissima. Biasa digunakan untuk batik tulis dan juga batik cap. Teksturnya lembut dan nyaman juga untuk digunakan sebagai bahan seragam batik kantoran.

Kain Mori Biru

Karena konstruksi kain Mori Biru yang hanya menggunakan benang, maka kain jenis ini cocoknya digunakan untuk motif bukan batik halus. Kontruksi benang ini bisa mempengaruhi proses pembatikan dan juga pewarnannya.

Kain Katun

Kain jenis ini paling umum digunakan dalam pembuatan kain batik. Kain katun sendiri juga memiliki berbagai tingkatan, mulaid ari kantun primisima, katun prima, dan kain polisima.

Tekstur kain katun pun ada yang tipis, kasar, lembut, hingga tebal. Semua tekstur ini tergantung dari campuran serat kapan yang digunakan dalam kain katun.

Kain paris

Kain jenis ini teksturnya lembut dan jatuh. Sama halnya dengan jenis kain lainnya, kain Paris pun memiliki berbagai tingkatan. Mulai dari kelembutannya hingga ketebalannya.

Kain Serat Nanas

Kain serat Nanas ini memiliki tesktur yang kasar mirip dengan kain Dobi. Ciri khasnya terlihat sulur-sulur pada kain tersebut dan juga mengkilat. Sama seperti jenis kain lainnya, pada kain serat nanas pun memiliki tinggakatan kelembutan dan ketebalannya.

Kain Sutera

Kain ini terbuat dari serat kepompong dan harganya cukup mahal. Teskturnya sangat lembut dan dibutuhkan perawatan lebih. Saat menggunakan seragam batik berbahan kain sutera pun dijamin akan terasa nyaman walaupun digunakan sepanjang hari.

Lalu bahan kain batik mana yang cocok digunakan untuk membuat seragam batik cowok? Tentu semua jenis bahan kain batik di atas cocok. Namun semakin baik kualitasnya maka semakin nyaman digunakan. Dan bahan kain batik yang berkualitas tentu akan mempengaruhi harga jual kain batik.

Jika Anda bosan dengan seragam kain batik yang tidak berubah dari jaman dahulu. Maka Anda bisa mengakalinya dengan membuat seragam batik cowok menggunakan perpaduan kain batik dan kain katun polos.

Untuk model perpaduan antara kain batik dan kain katun berwarna polos ini, misalnya penempatannya sebagai berikut:

  • Kain batik untuk bagian tangan, dan bagian badan kemeja menggunakan bahan kain katun berwarna polos ataupun sebaliknya
  • Menggunakan kain katun berwarna polos di area sepanjang kancing
  • Menggunakan kain katun bewarna polos untuk bagian kerah kemeja

Seragam batik cowok memang lebih sederhana dan modelnya biasa. Namun dengan pemilihan motif batik, warna batik, dan juga bahan kain batik, bisa mempengaruhi secara keseluruhan seragam batik Anda.  Yuk konsultasikan lebih jauh seragam batik Anda bersama ahlinya dengan cara hubungi  klik >> SERAGAM BATIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *