Seragam Batik Wanita dan Tips Perawatannya

Seragam Batik Wanita dan Tips Perawatannya

Seragam batik wanita memang memiliki banyak model dan pilihan bahannya. Terlebih sekarang ini banyak motif kain batik cantik dengan warna-warni yang menarik. Mulai dari pink, kuning, biru, hijau, hingga perpaduan beberapa warna. Tidak seperti dahulu yang warna batik hanya didominasi warna cokelat.

Namun jangan sembarangan dalam merawat seragam batik wanita. Apalagi jika memiliki warna-warni yang cerah. Ada beberapa tips untuk merawat dan menjadikan seragam batik Anda lebih awet dan tetap cantik.

Berikut beberapa tips perawatan seragam batik wanita yang bisa Anda lakukan di rumah:

Gunakan Sabun Cuci Khusus

Sebagian orang mungkin belum mengetahui jika mencuci batik harus menggunakan sabun yang khusus. Dan Anda bisa menemukan sabun khusus ini di pasaran kok.

Namun jika Anda kesulitan menemukan sabun khusus mencuci batik, maka bisa menggunakan shampo. Yup, caranya dengan melarutkan shampo alam air lalu gunakanlah untuk mencuci batik.

Jangan Mencuci Batik Menggunakan Mesin

Mencuci menggunakan mesin memang memudahkan Anda. Namun sebaiknya saat hendak mencuci baju berbahan batik jangan menggunakan mesin cuci.

Mencuci batik menggunakan mesin cuci bisa membuat warnanya cepat pudar. Selain itu, bahan kain pun akan lebih mudah melar.

Begitupun ketika Anda baru pertama kali membeli baju batik. Pastikan Anda mencucinya dengan tangan dan terlebih dahulu merendam baju batik di dalam air hangat. Mengapa harus direndam dahulu di air hangat? Tujuannya untuk mengangkat kotoran dua kali dari air dingin.

 

Hindari Menjemur Di Bawah Sinar Matahari Langsung

Setelah selesai mencuci batik menggunakan tangan, maka hindari memerasnya dengan kencang. Kemudian jemurlah seragam batik wanita Anda di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Menjemurnya di tempat yang teduh atau dengan cara diangin-anginkannya bisa menjaga keawetan batik. Saat hendak menjemurnya pun Anda bisa  menarik bagian tepi batik dengan perlahan agar serat yang terlipat bisa kembali ke semula.

Hindari Menggunakan Wewangian

Siapa sih yang tidak menginginkan baju batiknya wangi? Namun khusus bagi Anda pemilik baju batik berbahan sutera, hindari memberikan wewangian saat hendak menyetrikanya. Kalaupun ingin menggunakannya, Anda bisa melapisi batik dengan koran kemudian baru menyemprotkannya.

Cara Menyetrika Kain Batik yang Tepat

Hindari menyetrika kain batik secara langsung. Dalam artian, Anda cukup menyetrika kain batik dari bagian dalamnya saja. Hal ini untuk menghindari motif dan warnanya yang luntur.

Cara menyetrika lainnya bisa juga dengan melapisi batik dengan kain lainnya, sehingga setrika tidak langsung menyentuh permukaan batik. Tujuannya tentu saja sama untuk menjaga keawetan batik Anda.

Cara Penyimpanan Batik yang Benar

Jika Anda memiliki kain batik berbahan sutera maka bisa menggantungnya. Namun untuk bahan kain batik lainnya, bisa dengan cara melipatnya seperti biasa.

Hindari juga menaruh seragam batik atau pakaian berbahan kain batik lainnya berdekatan dengan kapur barus. Selain elemen dari kapur barus bisa menempel pada bahan batik sehingga bisa merusak serat kain dan memudarkan motif batik, terlebih lagi batik tulis. Wangi kapur barus pun bisa menempel lama pada kain.

Semua pakaian berbahan batik memang harus mendapatkan perawatan spesial. Selain untuk menjaga kualitas warna, juga motif batiknya. Terlebih jika Anda memiliki kain batik tulis yang dibuat tangan dan bernilai tinggi.

Semoga informasi perawatan kain batik ini bisa membantu menjaga kualitas seragam batik wanita yang Anda miliki.

order seragam batik perempuan ? KLIK >> SERAGAM BATIK

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *